Budaya Mencontek

20.52 Posted In Edit This 0 Comments »
Menyedihkan apabila melihat para generasi muda penerus bangsa zaman sekarang banyak yang kurang memiliki semangat belajar. Apa jadinya Indonesia di masa yang akan datang ? tidakkah ada kesadaran dalam diri para pelajar untuk memiliki semangat belajar yang besar ?

Dari berjuta-juta pelajar di Negara Indonesia ini, mungkin hanya ada segelintir dari mereka yang memiliki niatan untuk menjadi lebih baik dan membawa negeri Indonesia ini lebih maju lagi. Dan lagi, seolah banyak dari para pelajar tidak memikirkan bagaimana perasaan seorang guru seandainya tahu bahwa beliau telah gagal mendidik anak didiknya.

Beliau mengajarkan kita sesuatu yang tidak ketahui agar kita mengetahui. Tidak hanya sebatas itu. Kita juga harus menerapkan apa yang telah di ajarkan oleh beliau. Betapa sedihnya seorang guru apabila melihat anak didiknya mengerjakan ulangan yang di gunakan sebagai pengukur seberapa jauh pemahaman kita, tapi kita dengan santainya membuka buku untuk mencontek. Tidakah kita berpikir, bahwa mencontek adalah sesuatu hal yang merugikan. Apa gunanya kita mendapat nilai bagus, tapi bukan dari kemampuan kita sendiri?

Tapi mengapa tak banyak para pelajar yang sadar akan semua itu? Nilai bagus, anggapan pintar dari para guru yang sebenarnya adalah nol tetap mereka banggakan walaupun sebenarnya mereka tahu bahwa semua itu salah.

Kerjasama perlu, tapi dalam masalah pendidikan kita semua, para pelajar bersaing. Bukan secara anarkhis. Mengadu kekuatan, menunjukkan kekuasaan dll. Kita hanya perlu bersaing sportif. Kita gunakan pengetahuan kita untuk bersaing. Kita tunjukkan dan kita buktkan bahwa kemampuan kita patut untuk di banggakan.

Sesungguhnya, kebanggaan kita takkan pernah lekang apabila semua itu adalah usaha kita sendiri. Bahwa sesungguhnya ilmu itu lebih bermanfaat daripada harta. Apa gunanya, seorang hartawan tapi tak berilmu ?

0 komentar: